Mengenal Influencers Marketing dan Tips Memulainya

Membangun brand awareness dan mendorong calon konsumen untuk mengunjungi halaman profil bisnis Anda sepenuhnya bergantung pada taktik pemasaran. Namun, belakangan ini, munculnya influencer sebagai salah satu taktik promosi kian mendapat perhatian.

Hal itulah yang menjadi alasan kuat mengapa bisnis Anda sebaiknya ikut menerapkan strategi pemasaran melalui influencer marketing. Pemilihan influencer  yang sesuai dan menentukan tujuan promosi secara tepat merupakan kunci utama dari strategi pemasaran yang satu ini.

Apa itu  Influencer Marketing?

Influencer marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan artis media sosial guna mempromosikan produk atau layanan dari suatu bisnis. Influencer biasanya memiliki pengaruh kuat dalam lingkungan, baik online maupun offline.

Pengaruh kuat ini dapat melibatkan audience untuk pengenalan brand, membangun kredibilitas, serta mendorong terciptanya transaksi. Strategi influencer marketing kian efektif karena kebanyakan orang lebih banyak menghabiskan waktu di media sosial.

Tips Strategi Influencer Marketing yang Efektif 

Berikut adalah beberapa strategi dalam menerapkan influencer marketing yang dapat Anda lakukan:

Memilih Figur yang Tepat

Pemasaran melalui influencer, baik secara business to business (B2B) maupun business to consumer (B2C) tidak terlalu berbeda. Hal utama yang bisa dilakukan yakni mencari tokoh atau figur yang menarik, baik dari tata cara bicara, penampilan, serta keahlian di bidangnya.

Anda dapat menyeleksi calon influencer yang cocok dan sesuai dengan brand image bisnis. Caranya, melihat akun media sosialnya serta minat kemampuannya. Menelusuri lewat tagar Instagram juga dapat dilakukan untuk mencari influencer yang relevan dengan bisnis Anda. 

Fokus Konten Berkualitas Tinggi

Dalam pembuatan konten, ada perbedaan antara model bisnis B2B dan B2C. Jika bisnis Anda berjenis B2B, maka sangat penting untuk bekerja sama dengan influencer yang juga sebagai pakar industri. Tujuannya, mengembangkan konten yang memenuhi standar tinggi sekaligus mempromosikan produk atau layanan yang relevan.

Berbeda dengan influencer B2C, biasanya hanya memposting gambar atau memegang produk sambil memberikan review. Dengan memilih influencer yang tepat, maka pembuatan konten yang relevan dan berkualitas akan lebih mudah dilakukan.

Menggelar Acara Khusus

Tidak hanya secara online, influencers marketing bisa juga dilakukan secara offline. Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan sebuah acara atau event yang dihadiri oleh influencer pilihan. 

Cara ini sudah pernah dilakukan oleh beberapa brand besar. Brand kecantikan Maybelline misalnya, mengadakan acara fashion week dan mengundang pakar busana dan influencer dari industri fashion. Acara tersebut juga memberikan wawasan tentang produk terbaru mereka. Influencer dan fashion designer yang hadir, selain mencoba produk, juga mempromosikan melalui media sosialnya

Banyak promo yang ditawarkan Maybelline saat acara berlangsung dan bisa dinikmati oleh para konsumen yang hadir di lokasi. Strategi ini bisa mendatangkan keuntungan ganda seperti meningkatkan brand awareness dan menciptakan transaksi pada bisnis.

Gunakan Influencer UGC Pada Situs Anda 

UGC atau User Generated Content merupakan strategi yang sangat efektif dalam penerapan influencer marketing. Konten diciptakan oleh influencer di media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan Anda.

Dampak positif yang bisa didapat dengan mencantumkan konten dari influencer tersebut adalah dapat memperkuat kepercayaan dari calon konsumen dan memperluas jangkauan bisnis secara online. Pastikan konten yang diunggah memiliki konteks yang tepat sesuai produk atau layanan dari bisnis Anda.

Itulah penjelasan singkat mengenai influencer marketing serta strategi yang dapat Anda lakukan. Lakukan perhitungan biaya investasi yang akan dikeluarkan secara bijak dan pilihlah calon influencer yang ahli dalam industri terkait, bukan sekadar popularitas.

Begitu juga pada saat mencari partner untuk mengembangkan situs E-Commerce bisnis lebih optimal, pastikan Anda memilih ICUBE by SIRCLO. E-Commerce Starter Package dari Rapid Deployment Program ICUBE. Anda dapat memiliki website e-commerce yang profesional berbasis Magento. Memiliki halaman muat cepat serta tampilan stylish dapat mendongkrak transaksi pada saat strategi influencer marketing dijalankan.

Klik di sini untuk informasi selengkapnya.