Manfaat Sosial Media Marketing untuk Bisnis dan Strategi Menjalankannya

Tak hanya sekadar platform berbagi foto dan informasi, pertumbuhan pengguna media sosial juga telah memberi dampak positif pada banyak aspek, termasuk bisnis. Penggunaan media sosial yang tepat dapat membawa eksposur besar bagi perusahaan. 

Melihat hal tersebut, sangat disayangkan apabila pelaku bisnis online tidak ikut ambil bagian dalam promosi atau sekadar mengenalkan produknya lewat media sosial.

Namun, menggunakan media sosial sebagai platform promosi juga membutuhkan teknik dan cara yang tepat. Bagaimana cara melakukan optimalisasi penggunaan media sosial yang baik? Seberapa besar manfaat media sosial untuk melakukan promosi? Simak ulasan berikut ini!

Manfaat Optimalkan Media Sosial

Media sosial dapat memberi banyak manfaat untuk bisnis. Di antaranya adalah:

Hemat Biaya 

Pemasaran media sosial merupakan strategi paling efektif dan bisa dilakukan dengan anggaran yang tipis. Beragam pilihan aplikasi media sosial sudah tersedia dan dapat Anda unduh secara cuma-cuma. Pembuatan akun pun tidak dipungut biaya sama sekali. Pilihan promosi berbayar yang Anda putuskan untuk investasi cenderung dapat dilakukan dengan biaya yang relatif rendah.

Jika Anda memutuskan menggunakan iklan berbayar di media sosial, pastikan untuk memilih paket dengan biaya paling rendah terlebih dahulu, lalu memantau performa iklan tersebut. Apabila iklan memiliki dampak yang positif dalam pengembangan bisnis, cobalah untuk kombinasikan dengan strategi lainnya.

Peningkatan Kesadaran Merek

Media sosial merupakan salah satu metode pemasaran digital hemat biaya yang bisa digunakan untuk meningkatkan popularitas merek bisnis Anda. Dengan strategi yang tepat, brand Anda bisa berkesempatan mendapat awareness yang tinggi.

Pengenalan merek bisa menjadi lebih baik jika diiringi dengan kualitas konten yang layak. Sebab, setiap konten yang Anda bagikan akan dikenalkan kepada individu baru dan dapat mengarahkan mereka untuk menjadi pelanggan potensial. Kuncinya, semakin banyak individu yang melihat konten Anda, dampaknya bisa menjadi lebih baik.

Transaksi Lebih Tinggi 

Dengan jangkauan yang lebih luas, ada peluang terjadinya transaksi pada produk Anda. Setiap tulisan, foto, video, dan komentar dapat mengarahkan calon konsumen untuk mengunjungi situs website bisnis Anda. Efek lainnya, ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan atau traffic.

Pemasaran digital lebih disukai oleh pelanggan yang memiliki interaktif dan humanis. Semakin menarik dan bermanfaat konten yang Anda bagikan, semakin besar pula kemungkinan mereka untuk menggunakan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Taktik mengoptimalkan media sosial

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa ada banyak manfaat dari penggunaan media sosial untuk bisnis. Namun, untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda perlu menerapkan strategi yang tepat. Di antaranya adalah:

Posting di Waktu yang Tepat

Bukan hanya konsisten posting konten berkualitas, Anda juga perlu memperhatikan waktu yang tepat untuk melakukannya. 

Setiap akun memiliki jadwal posting yang berbeda-beda, tergantung dari engagement atau tren jangkauan yang tercipta. Misalnya, bisnis A mempunyai traffic yang besar pada hari Senin, Rabu, dan Kamis jam 10 pagi. Sedangkan bisnis B memiliki traffic yang tinggi pada hari Minggu, Selasa, dan Kamis jam 4 sore.

Maka dari itu, setelah posting konten di media sosial, sebaiknya pantau melalui dashboard untuk mengetahui hari dan tanggal yang ramai dilihat audience. Gunakan waktu yang ramai pengunjung tersebut untuk posting promosi dari produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Permanis Bio Media Sosial 

Fitur bio pada media sosial berpotensi menjadi salah satu hal yang dilihat oleh pengunjung baru dan calon pelanggan saat berkunjung ke profil Anda. Jadi, tidak ada alasan untuk melewatkan Bio Instagram Anda!

Ada beberapa informasi penting yang bisa Anda tampilkan, seperti siapa Anda, produk atau layanan yang ditawarkan, kontak yang bisa dihubungi, hingga penawaran spesial yang bisa didapatkan calon konsumen. 

Tulis Judul dan Caption yang Menarik

Merangkai kata-kata untuk konten di media sosial membutuhkan usaha lebih. Bila memungkinkan, pekerjakan orang yang ahli dalam copywriting atau content writing.

Upayakan selalu melakukan eksperimen dan uji tiap konten yang berkaitan dengan judul dan teks guna menyesuaikan dengan target audience. Apabila sudah menemukan formula yang sesuai, pertahankan warna dan gaya bahasa tersebut di setiap posting konten.

Selalu Ingat Audience Anda

Tidak semua audience sama. Luangkan waktu untuk menggali data dari audience untuk mengetahui target yang lebih tepat. Misalnya, jika bisnis Anda menargetkan perempuan, maka gaya bahasa yang digunakan tentu berbeda dengan bisnis yang menyasar pria.

Selalu memiliki hubungan baik dengan audience agar mereka merasa dekat dengan bisnis Anda. Bukan tidak mungkin interaktif akan terus terbangun. Ini dapat memberi dampak positif bagi bisnis Anda.

Pengoptimalan pemasaran media sosial memang sangat efektif untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan brand awareness hingga menciptakan transaksi. Website E-commerce yang profesional bisa menjadi solusinya. 

E-Commerce Starter Package dari Rapid Deployment Program ICUBE dapat membantu Anda memiliki website e-commerce yang profesional berbasis Magento hanya dalam satu kontrol dashboard.

Informasi selengkapnya, klik banner di bawah ini: