Mengenal Product Knowledge dan Pentingnya untuk Bisnis

Sebelum terjual ke pasaran, pemilik bisnis harus memperkenalkan produknya ke calon pelanggan. Tanpa adanya pemahaman yang baik terhadap informasi produk, proses pemasaran dan penjualan mungkin akan sulit dilakukan. 

Sebagai seseorang yang menjalankan suatu bisnis, Anda perlu memastikan produk yang dijual telah memiliki product knowledge yang baik. Apa sebenarnya product knowledge itu? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Mengenal Product Knowledge

Product knowledge merupakan salah satu poin terpenting dalam penjualan yang tidak boleh terlewatkan begitu saja. Product knowledge adalah semua pengetahuan terkait karakter produk, baik dari segi cara penggunaan, harga, fitur, dan informasi detail lainnya. Hal ini juga termasuk value yang membedakan produk Anda dengan yang dimiliki oleh kompetitor. 

Umumnya, pelanggan akan lebih tertarik membeli produk tertentu karena penjelasan yang mereka dapatkan. Bukan hanya untuk pelanggan, product knowledge harus benar-benar dipahami oleh karyawan Anda sendiri.

Dilansir dari Hubspot, tim penjualan harus benar-benar mengenal dan memahami produk yang akan mereka jual. Dengan penguasaan materi, tim pemasaran atau penjualan tidak perlu khawatir apabila calon pelanggan mengajukan sejumlah pertanyaan tak terduga terkait produk yang ditawarkan.

Jenis-jenis Product Knowledge

Pada dasarnya, ada beberapa jenis product knowledge yang tim penjualan dan pemasaran wajib ketahui, di antaranya :

Wawasan Manfaat Produk

Product knowledge harus berisi dan menyertakan manfaat produk atau layanan dari perusahaan. Kebanyakan calon pelanggan lebih memperhatikan kegunaan yang akan didapat jika membeli suatu produk. Misalnya, saat seseorang memilih untuk membeli laptop A, tentu ada alasan khusus di belakangnya, seperti kesesuaian fitur yang kebutuhan saat bekerja.

Karakteristik dan Spesifikasi Produk

Umumnya, seorang pelanggan akan menilai suatu produk berdasarkan karakteristik atau spesifikasinya. Poin-poin tersebut sering digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam membeli sesuatu. 

Misalnya, saat seseorang berniat membeli mobil, maka ia memerlukan seluruh informasi tentang karakteristik maupun spesifikasi kendaraan tersebut. Mulai dari merek, model, warna, tahun produksi, kapasitas muatan, dan lain sebagainya.

Pengetahuan Kepuasan Seputar Produk

Jenis lain dari product knowledge ialah kepuasan yang ditawarkan. Sebenarnya, kepuasan tersebut baru bisa diperoleh dari pelanggan setelah membeli atau mencoba suatu produk. Maka dari itu, di sinilah letak pentingnya product knowledge, di mana Anda harus mengetahui secara jelas cara konsumsi ataupun menggunakan produk dengan tepat. Sehingga, peluang terjadinya kesalahan pun  bisa diminimalisir. 

Jika perlu, Anda bisa memanfaatkan feedback positif sebagai testimoni dari pelanggan yang telah menggunakan produk Anda.

Pentingnya Product Knowledge Bagi Bisnis

Selain meningkatkan penjualan, berikut manfaat lainnya dari product knowledge untuk bisnis.

Meningkatkan Kepercayaan Diri 

Product knowledge dapat meningkatkan kepercayaan diri tim pemasaran yang dapat berujung pada peningkatan penjualan secara keseluruhan. Dengan mengetahui product knowledge yang baik, peluang terjualnya produk akan lebih besar.

Kemampuan Komunikasi yang Kuat

Manfaat lain dari product knowledge bagi tim penjualan yakni pemahaman informasi secara mendalam terhadap produk yang akan dijualnya. Sebab, semua informasi yang sudah dipahami oleh tim penjualan akan membuatnya lebih mudah berkomunikasi ketika berhadapan langsung dengan calon pelanggan. 

Bayangkan apabila tim penjualan tidak mampu menerangkan produk secara baik dan detail. Tentunya pelanggan akan merasa tidak yakin dan akan segera menghiraukan produk Anda.

Bisnis Makin Berkembang

Tim penjualan dengan product knowledge yang mumpuni dapat mempermudah jalan bisnis Anda menuju kesuksesan. Selain bisa mengungguli kompetitor, perusahaan akan lebih mudah melakukan pengembangan terhadap produk tersebut. 

Itulah penjelasan lengkap mengenai product knowledge beserta jenis dan manfaatnya. Dalam memperkenalkan sebuah produk kepada pelanggan, Anda bisa melakukannya melalui website.

Penggunaan website berbasis Magento dari ICUBE dapat mempermudah langkah Anda karena didukung oleh banyak keunggulan, seperti muat halaman super cepat, mempunyai tampilan stylish, serta ramah bagi pengguna mobile maupun desktop.

Klik di bawah sini untuk info selengkapnya