Mengenal Brand Collaboration dan Manfaatnya untuk Bisnis

Bagi sebagian pemilik usaha, berkompetisi dengan kompetitor biasanya dianggap sebagai hal yang wajar. Namun, belakangan ini, banyak brand besar justru melakukan kolaborasi. Ya, brand collaboration dipercaya dapat membantu menumbuhkan bisnis dalam jangka pendek maupun panjang.

Lantas, apa sebenarnya manfaat brand collaboration untuk bisnis? Simak selengkapnya berikut!

Saatnya Kolaborasi, Bukan Kompetisi 

Brand collaboration terjadi ketika dua merek atau brand berbeda menjalin kerja sama untuk merumuskan strategi yang dapat menghasilkan layanan atau produk unik dan spesifik. 

Tujuannya, mencapai keunggulan kompetitif di pasar, memperluas jangkauan konsumen (cross market), serta target spesifik lainnya. 

Namun, untuk melakukan kolaborasi dan mencetak kesuksesan, Anda perlu memikirkan framework, timeline, serta perhitungan yang matang agar berjalan dengan lancar dan akurat. Jadi, selain sudah profesional dan kredibel, pilihlah brand partner yang sejalan dengan visi dan misi perusahaan. Sehingga, Anda dan partner bisa saling membantu untuk mencapai target kerja sama.

Contoh Kolaborasi Antara Brand Raksasa 

Seperti yang telah disebutkan di atas, ada beberapa brand dengan nama besar yang sudah melakukan kolaborasi. Di antaranya adalah:

Ford dan Tinder

Pernah terpikir perusahaan transportasi berkolaborasi dengan aplikasi kencan? Ya, ide ini dilakukan oleh perusahaan mobil raksasa Ford dengan aplikasi kencan paling populer yakni Tinder. Tujuan dari kolaborasi tersebut adalah untuk mempromosikan penawaran terbaru ke generasi muda, meningkatkan branding, serta memperluas konsumen. 

Bentuk campaign dari kolaborasi ini melibatkan pasangan blind date yang melakukan kegiatan karaoke di dalam mobil Ford Mustang yang terkenal. Upaya kolaborasi berhasil menciptakan keuntungan dan membentuk identitas di pasar generasi muda.

Nike dan Apple

Sekelas Nike, merek pakaian olahraga yang sudah dikenal berbagai kalangan pun melakukan strategi kolaborasi. Upaya kolaborasi Nike bersama perusahaan teknologi lifestyle Apple ini sangat bisa dijadikan sebagai referensi bagi brand lainnya.

Dasar kolaborasi antara Nike dan Apple adalah berbagi tujuan bersama dengan kumpulan target market serupa. Strateginya adalah dengan menciptakan produk yang baru dan inovatif bagi pelanggan. Kolaborasi ini meluncurkan produk olahraga dan pengukur kebugaran berbasis aplikasi. Kolaborasi ini sangat populer dan menghasilkan keuntungan bagi Nike & Apple hingga sekarang. 

Manfaat Brand Collaboration

Brand collaboration bisa mendatangkan banyak manfaat untuk suatu perusahaan, seperti:

Meningkatkan Pangsa Pasar

Ketika dua merek bersinergi, tujuan utamanya adalah membentuk layanan atau produk yang unik dan inovatif kepada pelanggan. Hal ini akan memberikan keunggulan kompetitif dan berpotensi meningkatkan pangsa pasar. Kedua belah pihak berpotensi mendapatkan keuntungan berlipat dari investasi kolaborasi ini.

Berbagi Pengetahuan 

Dari kolaborasi, manfaat yang sering diabaikan oleh pebisnis yakni belajar satu sama lainnya atau berbagi pengetahuan. Selain itu, keduanya dapat menggali kreativitas untuk bisa menciptakan terobosan baru dalam produk atau layanan yang pelanggan butuhkan.

Keuntungan yang Berlipat 

Salah satu manfaat dari brand collaboration adalah potensi mendulang profit yang berlipat dari aktivitas penjualan produk atau layanan. Tak dapat dipungkiri, aktivitas yang dilakukan oleh pebisnis berpotensi mencetak ROI (return on investment) dalam jangka pendek maupun panjang. 

Basis Pelanggan yang Luas

Setiap merek mempunyai pelanggan yang loyal. Dengan melakukan strategi kolaborasi, brand dapat memperluas jangkauan dan menjaring calon konsumen dari sektor yang berbeda. 

Meningkatkan Branding

Kolaborasi antar brand tidak hanya bisa menarik perhatian pada industri, pesaing, dan pasar saja. Tapi, juga pelanggan yang sudah mengenal atau belum sama sekali terhadap brand tersebut. Secara tidak langsung, hal tersebut dapat membantu meningkatkan brand awareness dari produk yang dipasarkan.

Semua poin manfaat dari brand collaboration di atas secara tidak sadar akan menambah gairah dalam menggeluti bisnis. Anda bisa bertemu dengan orang baru, belajar hal baru, menemukan ide baru, dan lain sebagainya. Jika belum pernah mencoba untuk kolaborasi, mungkin ini saatnya Anda memulainya. Banyak peluang positif berpotensi terjadi yang belum Anda pernah pikirkan sebelumnya.

Hal ini juga berlaku dalam pengelolaan website E-Commerce. Pilihlah platform E-Commerce yang sudah berpengalaman dalam berkolaborasi dengan merek-merek besar. Program E-Commerce dari ICUBE  dapat membantu Anda memiliki website e-commerce yang profesional berbasis Magento & memiliki tampilan stylish serta responsif walau hanya dengan biaya terjangkau.

Klik banner di bawah ini untuk informasi lengkapnya.