Mengenal OMS dan Manfaatnya dalam Bisnis

Mengenal OMS (Order Management System)

Setiap bisnis, dalam prosesnya pasti akan dirintangi banyak tantangan. Umumnya, tantangan yang hadir akan semakin besar, sejalan dengan bertumbuhnya sebuah bisnis. Tantangan akan semakin berat jika sebuah bisnis sudah memiliki banyak kanal yang dimanfaatkan untuk dapat menjangkau konsumen, terutama dalam mengolah pesanan dari pembeli yang di dalamnya terdiri dari inventory, tracking order, customer service, hingga logistik. 

Untuk tetap dapat memenuhi pesanan dan melayani pelanggan dengan optimal, bisnis yang memanfaatkan kanal baik offline maupun online, sebaiknya dapat menggunakan Order Management System yang kerap disingkat menjadi OMS. OMS adalah platform atau sistem yang dapat mengorganisir dan menghadirkan otomatisasi pada proses pemenuhan pesanan.

Lantas, apa keuntungan menggunakan OMS untuk sebuah bisnis? Berikut beberapa keuntungannya yang sudah kami rangkum.

Mendapatkan wawasan dan informasi terkait perilaku pelanggan

OMS dapat mencatat data pembelian pelanggan dari semua channel, termasuk channel offline seperti toko fisik. Melalui integrasi dengan POS (Point of Sales) yang tersemat pada perangkat di toko fisik, OMS dapat menangkap data pembelian pelanggan yang kemudian akan dicatat. OMS dapat menampilkan preferensi pelanggan seperti kanal apa yang paling sering digunakan, produk apa yang sering dibeli, pada tanggal berapa transaksi paling sering dilakukan, promo apa yang paling menarik, dan lain-lain. Wawasan dan informasi pelanggan tersebut dapat dimanfaatkan untuk membuat strategi pemasaran sesuai dengan latar belakang masing-masing pelanggan sehingga pemasaran akan lebih efektif, baik dari segi hasil maupun biaya.



Menjangkau pelanggan lebih luas

OMS dapat mengintegrasikan berbagai layanan pembayaran dan logistik. Jadi, OMS mendukung ekspansi bisnis hingga ke luar negeri. Selain itu, jika sebuah bisnis memiliki banyak gudang, OMS dapat menentukan titik pengambilan atau pengiriman barang yang terdekat dari lokasi pembeli. Seperti yang dijelaskan pada manfaat OMS sebelumnya, setiap POS yang terintegrasi juga dapat menangkap dan mengirimkan data dari toko fisik yang dimiliki oleh bisnis dari seluruh belahan dunia. Jadi, dimanapun pembeli berada, OMS dapat mempermudah proses pemesanan baik dari sisi pelanggan maupun dari sisi pemilik bisnis.


Integrasi dengan berbagai back-office dan marketing tools

Berbagai data yang ditangkap dan direkam oleh OMS dapat langsung dikirim dan diolah ke berbagai back-office dan marketing tools. Berbagai divisi pada suatu bisnis dapat menarik data dan mengolahnya sesuai kebutuhan masing-masing. Divisi marketing dan sales juga dapat mengintegrasikan data pelanggan pada platform Customer Relations Management (CRM) sehingga mempermudah proses pendataan pelanggan secara otomatis.


Menghindari stok kosong maupun stok berlebih

Memantau inventory terkadang sangat menyulitkan bagi banyak pelaku bisnis. Hal tersebut dapat disebabkan pengaturan inventory yang dilakukan secara manual pada banyak kanal. Proses manual sangat riskan menimbulkan human error yang dapat mengakibatkan ketidakpuasan pelanggan. OMS dapat menampilkan stok secara virtual agar semua kanal dapat memaksimalkan penjualan dan pembeli tidak kecewa karena kehabisan stok barang. Pada sisi back-end, inventory dapat ditampilkan secara real time untuk memudahkan proses restock sebelum stok barang benar-benar habis.


Meningkatkan akurasi dan kecepatan pemenuhan pesanan

Berbagai kanal yang dimanfaatkan oleh suatu bisnis dapat menjadi bumerang jika dalam pengelolaannya dilakukan secara manual. Terdapat banyak celah untuk human error dalam setiap pengelolaan yang dilakukan secara manual. Otomatisasi yang diberikan oleh OMS dapat menekan angka kesalahan dalam proses pemenuhan pesanan. Order yang masuk dapat diarahkan secara tepat dan inventory dapat selalu diawasi. Dengan begitu, pesanan dapat segera disiapkan, dikemas dan dikirim sesuai permintaan pembeli.


Dari rangkuman di atas dapat disimpulkan bahwa OMS dapat mempermudah proses pemenuhan pesanan terutama pada bisnis yang memanfaatkan banyak kanal. Selain itu, OMS juga memiliki nilai tambah dengan kemampuan integrasinya terhadap seluruh divisi bisnis yang terkait. Jadi, tidak hanya memaksimalkan kepuasan pelanggan, penggunaan OMS juga dapat memaksimalkan potensi pertumbuhan suatu bisnis.

ICUBE by SIRCLO dengan senang hati akan membantu untuk implementasi OMS di bisnis Anda. Hubungi kami melalui tombol di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi terbaru dari ICUBE by SIRCLO