Analisis Data untuk Menyusun Strategi dalam Bisnis

Analisis Data untuk Menuyusun Strategi dalam Bisnis

Fungsi data dalam sebuah bisnis sangatlah penting. Fakta tersebut terkadang tidak disadari oleh kebanyakan bisnis sehingga banyak bisnis yang menyusun strategi berdasarkan intuisi atau sumber yang tidak kredibel. Beberapa bisnis juga terkadang tidak menyadari kalau selama ini mereka memiliki data yang berharga dan dapat dimanfaatkan dalam menyusun strategi atau sebagai dasar dalam pengambilan keputusan.

Data dapat diibaratkan sebagai berlian. Data yang mentah dan belum diolah akan kurang terasa manfaatnya. Namun, dengan data yang sudah diolah, dipilah, dan dianalisa, output yang dirasakan akan sangat menguntungkan. Saat ini, analisis data telah menggunakan sistem dan perangkat lunak yang terintegrasi dengan algoritma machine learning, otomisasi, dan berbagai teknologi lain yang memudahkan untuk mengolah dan memanfaatkan data. Lalu, hal apa saja yang dapat kita manfaatkan dari analisis data terutama pada bisnis? Berikut penjelasannya.

Menjadi acuan dalam pengambilan keputusan

Bayangkan jika Anda harus memutuskan untuk memperluas distribusi Anda. Area mana saja yang harus Anda jangkau dalam memasarkan produk atau servis Anda. Untuk membantu mengambil keputusan tersebut, Anda dapat melakukan analisa data terhadap konsumen di berbagai wilayah dari sisi demografis, pendapatan, budaya, dan hal-hal lain yang relevan. Setelah menganalisa data yang Anda miliki, barulah Anda dapat mengambil keputusan dengan mengacu pada hasil analisa yang dapat dipertanggungjawabkan kepada pemangku kepentingan.

Pemasaran yang lebih efektif

Anda dapat mengatur ulang strategi pemasaran Anda setelah mengetahui karakter dari konsumen Anda, apa yang sebenarnya konsumen Anda harapkan, bagaimana mereka ingin dilayani, dan yang tidak kalah penting; apakah kegiatan pemasaran yang selama ini Anda jalankan sesuai dengan target Anda. Dengan selalu memantau data dari hasil kegiatan pemasaran, Anda dapat menyesuaikan strategi pemasaran seperti apa yang perlu Anda jalankan sehingga dapat memberikan hasil yang efektif dengan ROI yang lebih baik.

Memprediksi apa yang akan terjadi

Secara umum, data yang kita analisa secara reguler akan memberikan sebuah tren dan pola. Tren dan pola yang ada dapat dijadikan acuan terhadap tren dan pola selanjutnya yang akan terjadi di masa depan dengan tetap memperhitungkan beberapa variabel. Dengan memiliki prediksi berdasarkan data, sebuah bisnis dapat menentukan manajemen risiko yang lebih efektif.

Salah satu kesulitan yang dihadapi oleh sebuah bisnis adalah mengumpulkan dan mengorganisir data yang berasal dari banyak channel, baik itu offline maupun online. Namun, dengan Magento ataupun Adobe Commerce yang disediakan oleh ICUBE by SIRCLO sebagai CMS brand.com, Anda bisa mendapatkan data kredibel yang juga mengintegrasikan channel offline maupun online berupa: 

  1. Sales Analytic by Geography and Sales Channel

  2. Customer Behavior Analytic

  3. Shopping Behavior

  4. Cohort Analysis

  5. Basket Size and Assortment Report

Silakan klik tombol di bawah ini untuk mengetahui solusi kami lebih lanjut.