5 Momen di Paruh Kedua Akhir Tahun yang Cocok Untuk Sebar Promo

Tak terasa kita sudah memasuki pertengahan tahun 2022. Jika mengingat kembali pada Ramadan lalu, ternyata angka penjualan bisnis mengalami peningkatan akibat ramainya permintaan. Ditambah banyak brand menawarkan promo-promo menarik sebagai salah satu strategi bisnis untuk memikat hati calon pelanggan.

Namun, setelah Ramadan usai ternyata berdampak pada penurunan omset penjualan. Hal tersebut bisa jadi disebabkan oleh berkurangnya daya beli kebutuhan masyarakat yang hanya konsumtif pada momen Ramadan saja. 

Akan tetapi pada pertengahan tahun ini terdapat momen-momen yang bisa dimanfaatkan untuk mengejar target yang belum tercapai. Apabila target sudah tercapai, Anda tetap bisa memaksimalkan penjualan dan memanfaatkan momen tersebut untuk memperluas jangkauan pasar serta mendapatkan customer baru..

Mari kita lihat momen apa saja yang bisa dilakukan untuk berpromosi bisnis menjelang akhir tahun.

Hari Raya Idul Adha 

Seperti halnya momen Ramadan, momen Idul Adha kerap dijadikan ajang kumpul keluarga besar dan saudara. Hampir sebagian besar jenis produk Family user berbagai bentuk diminati dalam momen tersebut.

Saatnya mulai menawarkan promosi dari bisnis Anda yang menarik bagi pelanggan seperti paket bundling, Buy one get one free, dan diskon hingga 70% untuk produk pilihan. Buatlah mekanisme dan promo menarik dengan mempertahankan kenyamanan dalam pelayanan. 

Back To School

Ini saatnya pelajar kembali ke sekolah. Menyambut kembalinya beraktivitas ke bangku sekolah tentunya dibutuhkan jenis produk baru yang bisa meningkatkan mood ketika melakukan rutinitas.

Demi menarik para pelajar, Anda bisa berikan promo potongan belanja seperti seragam sekolah gratis kaos kaki bebas pilih warna, promo cemilan 6 pcs seharga 3 pcs, atau bisa juga dengan tawaran promo tas ransel laptop gratis sarung laptop.

Pastikan strategi promosi yang Anda tawarkan tidak luput dari perhitungan dan segmentasi pasar supaya masih tetap mendulang profit hingga akhir tahun.

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 

Momen selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan penjualan di pertengahan tahun adalah hari kemerdekaan Indonesia. Promo di bulan Agustus tentunya dipenuhi pernak-pernik yang memperkuat semangat kemerdekaan dan kenegaraan.

Promo potongan harga dengan gimmick  juga wajib Anda lakukan, misalnya diskon 45% hanya 17 produk pilihan atau memberikan potongan harga untuk produk yang bernuansa putih atau merah. Pastikan promo yang akan diluncurkan diinfokan jauh-jauh hari melalui social media agar mendapatkan hasil yang optimal.

Hari Raya Natal

Tidak berbeda jauh dengan suasana Idul Fitri, ini kesempatan kedua berpromosi dengan gaya yang serupa. Kekuatan visual image sangat ditekankan agar mendukung kegairahan konsumen berkat datangnya hari raya natal.

Menggabungkan kreatifitas dan penawaran yang unik akan menjadi kunci utama. Ditambah, promo yang ditawarkan mengenai natal dapat dipastikan akan diserbu oleh konsumen. Jangan sampai Anda melewati begitu saja promosi bisnis pada momen spesial ini!

Akhir Tahun 

Momen di penghujung tahun ini bisa Anda maksimalkan untuk mendulang profit dengan memberikan promo menarik. Misalnya beberapa produk travelling, fashion from top to toe, hingga perlengkapan alat masak yang bisa ditawarkan dengan setengah harga. Tidak perlu menggunakan produk rilisan baru untuk menarik hati konsumen, Anda bisa memanfaatkan stock slow moving pada momen akhir tahun ini.

Hampir di setiap bisnis memiliki pola dan momen yang tepat yang berpengaruh pada penjualan Anda. Manfaatkan momen akhir tahun ini untuk meningkatkan jumlah transaksi dan menjangkau lebih banyak target market melalui promo spesial yang Anda tawarkan.

Persiapkan produksi, pemasaran dan pelayanan yang terbaik untuk bisa mengejar target akhir tahun. Pastikan juga Anda sudah memiliki website E-Commerce pribadi. Anda bisa memakai E-Commerce Starter Package dari Rapid Deployment Program ICUBE yang dapat membantu Anda memiliki website e-commerce berbasis Magento hanya dalam waktu dua minggu.